Search

ANIES DIPUKUL

Gagal Dipukul, Anies Akhirnya Dirangkul.

Gagal Dipukul, Anies Akhirnya Dirangkul : Ada dua kelompok yang konsisten menyerang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pertama, kelompok emosional. Mereka menuduh Anies menggunakan politik identitas. Isu ini terus mengemuka. Lebih jauh lagi, mereka membuat stigma bahwa Anies didukung oleh kelompok Islam kanan.


E-Paper Edisi 1
ANIES DI PUKUL AKHIRNYA DIRANGKUL

Pertanyaannya: apakah anda akan memilih dan memilah pendukung anda, kemudian menolaknya karena alasan identitas dan stigma tertentu? Adakah politisi di dunia yang menolak dukungan saat membutuhkan dukungan? Setiap situasi politik akan melahirkan dinamiknya sendiri. Dan itu seringkali di luar kendali sadar para politisi. Hanya mereka yang mampu beradaptasi dengan situasi itulah yang akan menjadi pemenangnya.


Anies muncul saat gelombang protes kepada “kasus penistaan agama oleh Ahok” sedang berlangsung. Jika anda jadi Anies, apakah anda akan bilang: stop! Jangan protes! Konyol itu namanya. Selain Anies, ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang elektabilitasnya di awal jauh lebih besar dari Anies. Hanya karena Anies pemenangnya, lalu muncul stigma politik identitas. Ini salah kaprah bro!


Berpikir waras lah…


Kedua, kelompok rasional. Mereka adalah para pengusaha dan para politisi. Boleh jadi pengembang pulau reklamasi kecewa, lalu khawatir jika Anies jadi presiden. Selain pulau reklamasi tidak bisa dilanjutkan, bisnis-bisnis haram lainnya akan terganjal. Para pengusaha yang bisnisnya menabr